Jumat, 09 Desember 2016

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL DALAM KONSULTASI KESEHATAN ANAK

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL DALAM KONSULTASI KESEHATAN ANAK

Konsultasi kesehatan anak – Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi harapan setiap orangtua. Untuk itu, diperlukan uoaya dari orangtua untuk selalu memperhatikan kesehatan si kecil, baik dari menjaga asupan giizi, pola makan, kebersihan lingkungan, dan juga aktivitasnya. Sebagai orangtua juga diwajibkan peka terhadap kondisi anak. Jika anak terlihat tidak sehat dan timbul gejala-gejala gangguan kesehatan maka sebaiknya Anda harus segera memeriksakan kondisi si buah hati ke dokter.
Usia anak tentu sangat rentan mengalami beberapa macam gangguan kesehatan. Dan, kebutuhan informasi mengenai gangguan kesehatan tersebut seringkali muncul dalam bentuk pertanyaan saat konsultasi kesehatan anak. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam konsultasi kesehatan anak. Silakan disimak.

1. Anak saya sulit makan, bagaimana mengatasinya?
Jawaban:
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu penyebab sulit makan, lalu mencari jalan keluar untuk mengatasinya. Dari sejumlah konsultasi kesehatan anak, dapat diketahui, faktor tertinggi penyebab anak susah makan adalah karena adanya gangguan funsgi saluran cerna. Gangguan pada saluran cerna ini bisa berbentuk alergi makanan, penyakit coeliac, intoleransi makanan, dan yang lainnya. Anak yang mengalami gangguan saluran cerna ini biasanya mudah muntah, cegukan, perut kembung, sembelit, biang keringat, kolik, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda harus segera memeriksana anak Anda ke dokter untuk emndapatkan penanganan khusus. Sednagkan, jika anak susah makan karena pengaruh psikologi maka Anda harus membuat suasana makan menjadi hal yang menyenangkan dan tidak membosankan.

2. Anak saya mengalami diare, bagaimana cara mengatasinya?
Jawaban:
Dalam konsultasi kesehatan anak, pra orangtua seringkali bingung ketika anaknya mengalami diare atau disentri. Seperti halnya apda orang dewasa, diare pada anak juga diatasi dengan memberikan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Jika masih minum ASI, tetap berikan ASI. Jika sudah cukup umur, Anda bisa juga memberikan cairan oralit. Selain memberikan cairan sedikit  demi sedikit dengan frekuensi sering, Anda juga wajib memerikan asupan makanan bergizi agar anak Anda terhindar  dari bahaya kekurangan gizi.

3. Bagaimana mengatasi demam tinggi pada anak?
Jawaban:
Dari konsultasi kesehatan anak diketahui bahwa demam juga merupakan salah satu gangguan yang meresahkan para orangtua. Demam tinggi pada anak (lebih dari 39 derajat celcius) sangat berbahaya karena berisiko menyebabkan kejang dan kerusakan pada otak. Untuk itu, Anda harus segera tanggap dalam menurunkan panas pada anak dengan melakukan kompres dengan air hangat, memberikan obat penurun demam, memperbanyak pemberian cairan, dan mengondisikan anak agar ia cukup istirahat.

 4.Anak saya terkena asma, bagaimana mengatasinya?
Jawaban:
Asma pada anak termasuk hal yang sering ditanyakan dalam konsultasi kesehatan anak. Asma pada anak biasanya disebabkan adanya gangguan pernafasan yang dicetuskan dari pilek, udara dingin, asap rokok, alergi (udara, debu, bulu, makanan, dan sebagainya), perubahan emosi, terlalu aktif, dan yang lainnya. Jika anak Anda menderita asma, segera periksana ke dokter untuk mendapatkan resep khusus. Obat hanya bersifat sementara, hal yang wajib Anda lakukan untuk mencegah asma pada anak adalah dengan menjauhkan anak dari berbagai macam pencetus asma.

5.Anak saya mudah terkena influenza, apa yang harus saya lakukan?
Jawaban:
Influenza sangat mudah menyerang pada anak dan hal ini membuat resah para orangtua. Meski termasuk gangguan ringan, namun influenza bisa menimbulkan infeksi sekunder berupa bronkitis, pneumonia, sinusitis, dan sebagainya. Untuk itu, diperlukan konsultasi kesehatan anak agar kondisi buruk tersebut tidak menimpa anak Anda. Untuk mengatasi gangguan influenza, Anda harus memastikan asupan cairan dalam tubuh anak cukup, dan memastikan anak Anda cukup istirahat. Cek suhu tubuh setiap 4 jam sekali, dan kompres menggunakan air hangat dan minum obat penurus panas. Jika suhu tubuh tetap tinggi dalam 3 hari, segera bawa ke dokter.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam konsultasi kesehatan anak. Jika Anda saat  ini sedang mencari tempat konsultasi kesehatan anak yang meliputi kesehatan dan kecerdasan anak maka sebaiknya segera menghubungi konsultan masalah, Bapak HM. Syaiful M. Maghsri yang dikenal sebagai konsultan keluarga yang dapat membantu Anda dalam mengatasi gangguan kesehatan dan kecerdasan pada anak sehingga anak Anda akan lebih sehat dan cerdas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Konsultasi

Apakah saat ini Anda sedang menghadapi berbagai masalah hidup? JANGAN CEMAS, Jangan Khawatir masih ada jalan untuk mendapatkan SOLUSINYA !!! Jangan biarkan masalah Anda menjadi kronis. Segera Datang dan Konsultasikan Masalah Anda HANYA dengan SOLUSI KHUSUS BIOENERGI bersama HM Syaiful M. Maghsri. Hubungi HP 081 827 8880 | 0853 2727 1999 |(0274) 412446 (Office) Invite PIN BB 2321942A | WA 081 827 8880