Sabtu, 10 Desember 2016

9 CARA MEMILIH KONSULTAN MANAJEMEN BISNIS YANG TEPAT

9 CARA MEMILIH KONSULTAN MANAJEMEN BISNIS YANG TEPAT, konsultasi, manajemen bisnis, konsultasi manajemen bisnis

Konsultan manajmen - Konsultan manajemen adalah seorang individu ataupun perusahaan yang bertugas memberikan konsultasi ataupun saran dan nasihat, bimbingan serta arahan secara profesional pada pelaku usaha/bisnis, organisasi, ataupun perusahaan mengenai cara terbaik untuk mengelola  dan mengoperasikan bisnis. Untuk itu, bagi Anda yang merasa membutuhkan jasa seorang konsultan manajeman untuk mengembangkan bisnis, Anda perlu memiliki sikap cerdas dan kritis dalam memilih seorang konsultan manajemen. Berikut ini beberapa syarat sebagai tips dalam memilih seorang konsultan manajemen yang profesional dan berkualitas sehingga Anda akan merasa puas telah bekerja sama dengan mereka.

1.Cari tahu track record
Sebelum Anda menggunakan jasa konsultan manajemen, sebaiknya Anda mencari tahu track record mengenai nama, pengalaman, background, dan reputasi calon konsultan yang ingin Anda ajak kerja sama. Untuk itu, pilihlah konsultan manajemen yang memiliki pengalaman dan reputasi teruji (nilai keberhasilan tinggi dalam menangani klien-klien sebelumnya) untuk mendongkrak kemajuan dan perkembangan bisnis yang Anda miliki.

2.Perhatikan metodologi dan teknik yang digunakan
Setiap konsultan manajemen pasti memiliki metodologi yang ia gunakan untuk menangani sebuah bisnis. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengkritisi metodologi yang ia gunakan tersebut merupakan solusi yang tepat/cocok yang membuat perusahaan atau bisnis Anda makin sukses atau tidak. Jika konsultan manajemen hanya memberikan solusi standart maka Anda sebaiknya tidak perlu melanjutkan menyewa jasanya lagi.

3.Pilih yang memiliki popularitas yang baik
Seorang konsultan manajemen yang profesional pasti sering disewa jasanya untuk menangani banyak klien, dari perusahaan kecil hingga besar. Hasil kerjanya yang bagus pun akan membuat ia dilirik oleh perusahaan lain. Dengan begitu, nama konsultan tersebut akan populer dalam arti positif.

4.Pilih yang memiliki legalitas dan terpercaya
Pastikan Anda memilih konsultan manajemen yang tepat, yang memiliki legalitas dan terpercaya. Untuk itu, Anda sebaiknya lebih dulu memeriksa dokumen yang dimilikinya. Hal ini mengantisipasi agar Anda tidak tertipu dengan konsultan palsu.

5.Pilih yang memahami peran, tugas, dan wewenang
Seorang konsultan manajemen yang profesional harus memahami peran, tugas, dan wewenangnya. Untuk itu, Anda harus mengetahui sejauh mana peran, tugas, dan wewenang konsultan dibutuhkan. Jangan sampai timbul kesalahpahaman akibat penggunaan peran, tugas, dan wewenang yang melebihi batas.

6.Pilih yang memiliki harga dan servis bersaing
Dalam memilih seorang konsultan manajemen, bayaran mereka harus Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Namun, selain harga Anda juga harus memperhatikan kualitas servis, seperti kinerja dan tanggung jawab yang profesional.

7.Perhatikan aftersales service
Pastikan konsultan manajemen yang Anda pilih memberikan layanan astersales service atau purna jual sebagai bentuk pertanggungan jawab kepada klien. Aftersales servise ini berupa monitoring berkala atau audit secara gratis yang dilakukan setelah pembenahan atau pekerjaan selesai dilakukan. Hal ini bertujuan agar klien dapat menjalankan sistem yang sudah dibangun dan segera mendapatkan hasilnya secara optimal.

8.Pilih yang terbukti dapat menjaga rahasia klien
Para konsultan manajemen harus bersedia menjaga rahasia bisnis atau perusahaan Anda. Untuk itu, Anda harus lebih dulu melihat komitmen para konsultan manajemen dalam menjaga rahasia agar tidak disebarkan kepada pihak lain

9.Cari menggunakan referensi dari rekan kerja
Anda bisa mendapatkan seorang konsultan manajemen dengan meminta referensi dari rekan kerja Anda. Anda bisa meminta saran sekaligus nama konsultan amnajemen yang berpengalaman, profesiona, dan juga yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Demikian beberapa cara memilih seorang konsultan manajemen yang tepat. Jika Anda sudah mempraktikkan beberapa atau semua cara di atas, namun Anda masih belum juga bisa menemukan seorang konsultan manajemen yang sesuai dengan harapan Anda maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan salah seorang konsultan manajemen sekaligus konsultan bisnis terkemuka, Bapak HM. Syaiful M. Maghsri yang telah terbukti membantu banyak orang dalam menemukan solusi atas masalah bisnis yang tengah dihadapi. Dengan bimbingan dan arahan langsung dari beliau, Anda akan segera dapat menyelesaikan masalah bisnis sehingga bisnis Anda akan menjadi lebih meningkat dan sukses. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

Konsultasi