Jumat, 09 Desember 2016

7 CARA KONSULTASI KESEHATAN YANG PERLU ANDA TAHU!

7 CARA KONSULTASI KESEHATAN YANG PERLU ANDA TAHU!, konsultasi masalah

Konsultasi kesehatan – Kesehatan adalah hal penting dalam kehidupan manusia. Tanpa kesehatan yang prima maka aktivitas kita akan terganggu sehingga dapat menghambat berbagai pencapaian tujuan hidup. Karena itu, sudah semestinya kesehatan tubuh selalu dijaga. Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan rutin melakukan konsultasi kesehatan. Konsultasi ini sebaiknya dilakukan dengan dokter atau tenaga medis yang sudah ahli dan terpercaya.
Konsultasi kesehatan ini bertujuan untuk mengecek ataupun menanyakan kondisi kesehatan diri secara teratur untuk mengantisipasi risiko mengalami gangguan kesehatan. Konsultasi kesehatan ini tentu memiliki banyak manfaat bagi Anda, seperti mencegah risiko terkena penyakit, mendapatkan informasi terupdate mengenai kondisi kesehatan Anda, dan sebagainya. Nah, bagi Anda yang membutuhkan konsultasi kesehatan, tapi masih bingung bagaimana cara melakukan konsultasi kesehatan ini maka Anda tidak perlu cemas. Di bawah ini terdapat beberapa cara konsultasi kesehatan yang mudah dilakukan dan sangat efektif dalam menjaga kesehatan Anda.

1.Susun dan siapkan daftar pertanyaan
Sebelum Anda melakukan konsultasi kesehatan, sebaiknya Anda menyusun dan menyiapkan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang akan ajukan kepada dokter. Dengan daftar pertanyaan tersebut akan membantu ingatan Anda agar tidak ada pertanyaan yang tertinggal. Selain itu, dengan daftar pertanyaan tersebut, alur diskusi Anda dengan dokter akan terarah dan efektif, tidak melebar ke mana-mana.

2.Fokus pada terpenuhinya informasi tentang penyakit Anda
Jika Anda melakukan konsultasi kesehatan setelah mengetahui diagnosa penyakit maka Anda harus fokus pada penyakit tersebut. Tanyakan tentang apa penyebab penyakit tersebut, mengenai pantangan dan anjuran makanan, olahraga yang disarankan, dan sebagainya. Tanyakan pula mengenai jadwal kontrol, jenis dan  fungsi obat yang harus Anda konsumsi, dan sebagainya.

3.Fokus pada pencegahan penyakit
Jika Anda melakukan konsultasi kesehatan untuk mengetahui risiko terkena penyakit maka Anda perlu meminta informasi mengenai cara antisipasi penyakit, gaya hidup sehat yang perlu Anda lakukan, kebutuhan gizi yang harus Anda penuhi, jenis olahraga yang harus Anda lakukan, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda senantiasa akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Jikapun Anda mengalami gejala maka Anda akan segera mendapatkan penanganan yang tepat, cepat, dan akurat untuk mencegah penyakit itu menjadi lebih parah.

4.Fokus pada resep obat sebagai solusi pengobatan
Konsultasi kesehatan dapat Anda lakukan dengan dokter untuk meminta solusi atas keluhan atau gejala penyakit yang Anda alami. Solusi ini dapat berupa pemberian resep obat. Untuk itu, Anda perlu menanyakan khasiat dan fungsi obat, efek samping obat, cara minum obat, jangka waktu mengonsumsi obat, dan sebagainya.

5.Sampaikan kondisi kesehatan Anda secara rinci dan jujur
Selama proses konsultasi kesehatan, Anda perlu menceritakan riwayat kesehatan sekaligus keluhan Anda kepada dokter secara lengkap dan jujur. Hal ini akan memudahkan dokter dalam melakukan pemeriksaan kesehatan Anda agar dapat berjalan dengan cepat, efektif, sehingga waktu diskusi dengan dokter pun akan lebih banyak.

6.Memanfaatkan waktu dengan baik
Konsultasi kesehatan sebaiknya tetap memperhatikan kesibukan dokter yang tidak hanya melayani Anda saja, tetapi masih banyak antrean pasien yang wajib ia layani. Untuk itu, jika dirasa Anda sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda selama konsultasi maka sebaiknya Anda tetap menghargai waktu dengan melakukan sesi konsultasi sekitar 10-20 menit saja.

7.Memanfaatkan fasilitas konsultasi kesehatan secara online
Bagi Anda yang memiliki keterbatasan melakukan konsultasi kesehatan secara konvensional, seperti  rumah Anda jauh dari rumah sakit ataupun klinik, Anda tak perlu khawatir. Anda masih tetap bisa berkonsultasi meski secara online. Sebelum melakukan konsultasi, sebaiknya Anda mengunjungi situs yang menyediakan jasa konsultasi kesehatan secara online, lalu Anda akan terhubung dengan dokter yang siap melayani sesi konsultasi. Konsultasi secara online ini dapat Anda lakukan setiap hari ataupun setiap saat sehingga cara ini dinilai lebih efektif jika dibanding Anda melakukan konsultasi dengan tatap muka secara langsung dengan dokter.

Demikian beberapa cara konsultasi kesehatan yang perlu Anda ketahui.  Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara konsultasi kesehatan di atas, namun Anda masih saja belum mendapatkan hasil maksimal, maka Anda perlu membutuhkan tempat konsultasi masalah kesehatan yang berkualitas, seperti Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam menemukan solusi atas masalah kesehatan yang Anda alami sehingga kehidupan Anda menjadi lebih baik, lebih sehat dan bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

Konsultasi